Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Ke Luar Negeri

Pendahuluan

Salam pembaca yang budiman, perjalanan ke luar negeri tentu menjadi impian bagi sebagian besar orang. Menjelajahi tempat-tempat baru, mencicipi makanan dan minuman lokal, mengenal budaya yang berbeda, dan banyak lagi pengalaman yang bisa didapatkan. Namun, agar perjalanan ke luar negeri berjalan lancar dan nyaman, tentu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah barang yang akan dibawa selama perjalanan. Maka dari itu, pada artikel ini akan membahas apa saja yang harus dibawa saat ke luar negeri.

Sebelum mempersiapkan barang bawaan untuk perjalanan ke luar negeri, ada baiknya untuk mengetahui persyaratan dan aturan dalam membawa barang yang ditetapkan oleh negara tujuan. Hal ini diperlukan agar tidak terjadi masalah di bandara saat mengurus imigrasi. Beberapa negara menerapkan aturan ketat terhadap barang-barang tertentu, seperti obat-obatan terlarang, senjata tajam, dan lain sebagainya.

Berdasarkan pengalaman saya yang pernah berkunjung ke beberapa negara, berikut adalah beberapa barang yang perlu dibawa saat ke luar negeri.

Kemeja Kualitas Baik dan Celana Panjang

๐Ÿ‘•๐Ÿ‘– Pakaian yang nyaman dan sesuai kebutuhan sangat diperlukan saat bepergian ke luar negeri. Beberapa tempat seperti gereja, kuil, atau museum memiliki aturan dress code yang harus diikuti. Oleh karena itu, sebaiknya membawa setidaknya satu kemeja dan celana panjang kualitas baik untuk keperluan tersebut. Selain itu, dalam cuaca yang dingin atau saat melakukan aktivitas outdoor, bisa juga membawa jaket atau celana olahraga yang nyaman.

Obat-Obatan Pribadi

๐Ÿ’Š Membawa obat-obatan pribadi juga sangat penting saat ke luar negeri. Beberapa obat mungkin tidak tersedia di negara tujuan atau memiliki nama yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya membawa obat-obatan yang sering dikonsumsi seperti obat sakit kepala, pencernaan, atau penurun panas. Namun, perlu diingat bahwa obat-obatan tertentu seperti narkotika atau psikotropika memiliki aturan ketat saat dibawa ke luar negeri. Sebelum berangkat, pastikan konsultasikan dengan dokter atau apoteker mengenai aturan membawa obat-obatan tersebut.

Perangkat Elektronik dan Aksesorisnya

๐Ÿ“ฑ๐Ÿ’ป Perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, atau kamera juga menjadi barang penting saat ke luar negeri. Selain itu, perlu juga membawa aksesoris seperti charger, power bank, atau earphone. Pastikan juga untuk membawa adaptor plug, karena tidak semua negara memiliki jenis colokan yang sama dengan negara asal. Ada baiknya juga membawa tas atau kantong untuk membawa dan menyimpan perangkat elektronik dengan aman.

Dokumen Penting dan Uang Tunai

๐Ÿ“œ๐Ÿ’ฐ Dokumen penting seperti paspor, visa, tiket pesawat, dan kartu kredit tidak boleh dilupakan saat ke luar negeri. Pastikan untuk meletakkan dokumen-dokumen tersebut di tempat yang aman dan mudah dijangkau. Sementara itu, membawa uang tunai juga penting dalam perjalanan ke luar negeri. Pertama, kadang kala ATM tidak tersedia di beberapa tempat atau memiliki biaya yang tinggi. Kedua, uang tunai bisa dijadikan cadangan jika terjadi keadaan darurat, seperti kehilangan dompet atau kartu kredit.

Travel Pillow dan Selimut Kecil

๐Ÿงธ Selama perjalanan ke luar negeri, baik dengan pesawat atau kereta, seringkali kita mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak. Bagi yang merasa penting untuk tidur nyenyak selama perjalanan, bisa membawa travel pillow dan selimut kecil agar lebih nyaman. Terdapat berbagai macam travel pillow yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti pillow yang dapat dipakai di pesawat atau di leher. Sedangkan selimut kecil yang dipakai di pesawat juga biasa disebut dengan travel blanket.

P3K Ringan dan Hand Sanitizer

๐Ÿฉน๐Ÿงผ Selain obat-obatan tertentu yang dibawa, juga sebaiknya membawa P3K ringan yang bisa digunakan untuk mengatasi luka ringan atau terkena mosquito bite. Beberapa P3K ringan yang bisa dibawa adalah plester, antiseptic, atau obat pereda nyeri. Selain itu, membawa hand sanitizer juga sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan saat melakukan perjalanan.

Kosmetik Kecil dan Sabun Cair

๐Ÿ’„๐Ÿงผ Berbeda dengan tas bagasi, pada tas kabin hanya terbatas ruangan untuk membawa barang-barang paling penting. Oleh karena itu, sebaiknya membawa kosmetik kecil seperti lip balm, lipstik, moisturizer, atau bedak tabur. Sedangkan untuk keperluan mandi, sebaiknya membawa sabun cair atau shampoo mini untuk menghemat space pada tas kabin.

Buku atau E-Book

๐Ÿ“š๐Ÿ“– Sebagian orang mungkin lebih senang melakukan aktivitas membaca selama perjalanan. Oleh karena itu, membawa buku atau ebook menjadi salah satu pilihan. Bagi yang lebih memilih membawa buku, pastikan untuk memilih buku yang cukup ringan dan ingat untuk membawa hanya satu buku saja agar tidak membebani tas. Sedangkan untuk ebook, pastikan untuk mengisi baterai pada tablet atau smartphone, sehingga bisa membaca selama perjalanan yang lebih panjang.

Tablet atau Smartphone Dengan Aplikasi Travel

๐Ÿ“ฑ Aplikasi travel menjadi sangat penting selama perjalanan ke luar negeri. Beberapa aplikasi yang berguna seperti Google Maps, TripAdvisor, XE Currency, atau Agoda bisa membantu untuk merencanakan perjalanan, menemukan tempat makan, mengkonversi mata uang, dan banyak lagi. Oleh karena itu, membawa tablet atau smartphone dan menginstal beberapa aplikasi travel menjadi sangat disarankan.

Paket Makanan dan Minuman Ringan

๐Ÿฅช๐Ÿซ Selama dalam perjalanan udara atau kereta yang lebih lama, terkadang kita tidak dapat memilih menu makanan yang diinginkan. Oleh karena itu, membawa paket makanan dan minuman ringan juga sangat diperlukan. Beberapa rekomendasi snack yang bisa dibawa seperti coklat, kacang-kacangan, biskuit, atau buah kering. Pastikan untuk membawa snack yang sehat dan cocok dengan selera.

Power Strip

๐Ÿ”Œ Bagi yang membawa banyak perangkat elektronik dan hanya terbatas colokan listrik, bisa membawa power strip sebagai solusi. Dengan memasang semua perangkat elektronik di power strip, maka hanya perlu satu colokan saja untuk menyalakan semua perangkat tersebut.

Baterai Cadangan dan Adaptor Mobil

๐Ÿ”‹๐Ÿš— Selain membawa chargers dan power bank, juga sebaiknya membawa baterai cadangan dan adaptor mobil. Adaptor mobil bisa menjadi solusi saat baterai handphone atau kamera habis di tempat yang jauh dari colokan listrik, seperti dalam perjalanan dengan mobil.

Bawaan Tambahan untuk Liburan Pantai

๐Ÿ– Apabila tujuan perjalanan adalah pantai, maka ada beberapa bawaan tambahan yang perlu dipersiapkan, seperti sunscreen atau tabir surya, peralatan renang seperti masker dan snorkel, pakaian renang, atau sandal jepit.

Bawaan Tambahan untuk Liburan Salju

โ„๏ธ๐ŸŽฟ Bagi yang mengunjungi negara dengan cuaca yang sangat dingin atau destinasi salju, perlu membawa bawaan tambahan yang harus dipersiapkan. Beberapa bawaan tambahan seperti jaket tebal, head protector untuk melindungi telinga dan kepala, sarung tangan, celana legging, dan kaos kaki tebal. Sedangkan untuk kebutuhan ski, sebaiknya membawa bawaan lebih lengkap seperti masker ski, helm, dan sebagainya.

FAQ

Apa yang harus diperhatikan saat membawa obat-obatan ke luar negeri?

Saat membawa obat-obatan ke luar negeri, perlu memperhatikan aturan dan regulasi negara tujuan. Beberapa negara menerapkan aturan ketat terhadap obat-obatan tertentu, seperti narkotika atau psikotropika. Sebaiknya membawa obat-obatan yang sering dikonsumsi saja seperti obat sakit kepala, pencernaan, atau penurun panas. Sebelum berangkat, pastikan konsultasikan dengan dokter atau apoteker mengenai aturan membawa obat-obatan tersebut.

Bagaimana menyimpan uang selama perjalanan ke luar negeri?

Menyimpan uang saat bepergian ke luar negeri sangat penting untuk menghindari pencurian atau kehilangan. Ada beberapa pilihan cara untuk menyimpan uang, seperti dompet bawah baju, tas berpengaman, atau menggunakan kartu prabayar seperti travel money card. Pastikan uang selalu dalam kondisi aman dan jangan menarik terlalu besar di ATM untuk menghindari biaya yang besar.

Bolehkah membawa makanan atau minuman saat bepergian ke luar negeri?

Berdasarkan aturan setiap negara, mungkin dilarang membawa makanan atau minuman tertentu ke dalam negara tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya memperhatikan aturan negara tujuan dan terapkan etika travelling yang baik dengan tidak membawa makanan atau minuman yang berlebihan atau yang melanggar aturan.

Selama berada di pesawat, apa saja barang yang harus dibawa selain makanan dan minuman?

Selama berada di pesawat, sebaiknya membawa barang yang dapat digunakan untuk tidur nyenyak seperti travel pillow dan selimut kecil. Selain itu, mempersiapkan headphone, bacaan, dan perangkat elektronik lainnya juga bisa membantu untuk mengisi waktu selama perjalanan yang cukup panjang.

Apakah ada aplikasi travel yang menolong dalam merencanakan perjalanan?

Terdapat berbagai macam aplikasi travel yang bisa menjadi solusi dalam merencanakan perjalanan, seperti Google Maps, TripAdvisor, Agoda, atau XE Currency. Masing-masing aplikasi memiliki fungsi yang berbeda, seperti membantu mencari tempat wisata, menemukan tempat makan, atau mengkonversi mata uang secara real time.

Bagaimana cara menghemat ruang pada tas kabin?

Untuk menghemat ruang pada tas kabin, bisa memilih pakaian yang dapat dipakai berulang kali, seperti kaos yang bisa dipakai dengan atasan berbeda atau celana legging yang pas untuk perjalanan jarak jauh. Pilih juga tas yang pas dengan kebutuhan sehari-hari dan tidak terlalu besar. Selain itu, packing barang dengan rapi dan mengurangi barang yang kurang penting juga bisa membantu menghemat ruang pada tas kabin.

Kelebihan dan Kekurangan Membawa Barang Saat Ke Luar Negeri

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam membawa barang saat ke luar negeri.

Kelebihan

1. Efisiensi waktu. Dengan mempersiapkan barang sebelumnya, waktu yang diperlukan untuk membeli barang atau mencari tempat penjualan bisa dihemat.

2. Memastikan kenyamanan. Dalam perjalanan jarak jauh atau tempat yang sulit dijangkau, membawa barang-bawaan sendiri bisa membuat perjalanan menjadi lebih nyaman dan tenang.

3. Memperkuat rasa aman. Dalam perjalanan ke luar negeri, memberikan rasa aman bagi diri sendiri juga sangat penting. Sehingga, membawa barang bawaan sendiri bisa membantu untuk mengurangi rasa khawatir atau paranoid.

Kekurangan

1. Mengakibatkan biaya yang lebih besar. Barang yang dibawa kadangkala menambah beban dalam perjalanan, seperti biaya tambahan pada tiket pesawat atau biaya penyimpanan barang tambahan di hotel.

2. Rentan terhadap pencurian atau kehilangan. Saat perjalanan ke luar negeri, keamanan barang bawaan tentu menjadi hal yang penting. Ada kemungkinan bahwa barang bawaan bisa hilang atau dicuri selama dalam perjalanan.

3. Menjadi beban dalam mobilitas. Barang bawaan yang berlebihan dapat mengganggu mobilitas dalam perjalanan. Bagi yang melakukan perjalanan dengan backpacker, membawa barang bawaan terlalu banyak bisa menjadi beban ekstra.

Table Informasi Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Ke Luar Negeri

No Nama Barang Keterangan
1 Kemeja dan Celana Panjang Untuk dress code dan aktivitas outdoor
2 Obat-obatan Pribadi Untuk keperluan kesehatan dan menghindari ketidaknyamanan saat sakit

Saran Video Seputar : Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Ke Luar Negeri