Bagaimana Cara Melamar Kerja Di Google

Mengenal Google sebagai Perusahaan Teknologi Raksasa

Siapa sih yang tidak mengenal Google? Perusahaan teknologi besar yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998 ini, telah menjadi pusat perhatian dunia. Google hadir dengan berbagai produk yang berguna untuk kehidupan sehari-hari seperti mesin pencari, email, kartu digital dan masih banyak lagi. Google juga termasuk perusahaan teknologi terkemuka dan terbesar di dunia. Oleh karena itu, melamar kerja di Google menjadi keinginan banyak orang.

Google dikenal sebagai perusahaan yang inovatif, memiliki lingkungan kerja yang kreatif, dan memberikan peluang karir yang menarik. Google juga dikenal sebagai tempat yang nyaman dan menyenangkan, layaknya berada di kampus. Sehingga, sangat diminati oleh para karyawan.

Salah satu faktor kenapa Google bisa menjadi perusahaan teknologi terbaik dan terbesar di dunia adalah karena mengutamakan inovasi dan teknologi mutakhir. Google selalu mencoba menemukan solusi terbaik dan memberikan pelayanan terbaik untuk para penggunanya. Google mengedepankan filosofi, yaitu “Don’t be evil”, artinya janganlah menjadi jahat. Filosofi inilah yang membawa Google untuk selalu berada pada posisi teratas.

Untuk menjadi bagian dari Google, para pelamar harus memenuhi persyaratan teknis dan non-teknis tertentu. Hal-hal yang menjadi perhatian khusus adalah pengalaman kerja, kemampuan bahasa Inggris dan soft skill. Selain itu, agar mudah diterima di Google, pelamar juga harus memiliki pemahaman yang baik tentang industri yang mereka masuki.

Google juga memiliki kebijakan internal yang khusus, yaitu menerapkan sistem interview yang sulit dan tidak konvensional. Pelamar akan dihadapkan pada pertanyaan yang sulit dan tidak ada jawaban pasti. Ini dilakukan agar menilai kemampuan berpikir kreatif dan berani mengambil resiko.

Oleh karena itu, bagi kamu yang tertarik untuk melamar kerja di Google, sebaiknya persiapkan diri dengan matang. Siapkan CV, portfolio, dan referensi yang kredibel. Kamu juga harus mempersiapkan diri dengan menjaga sikap dan mindset yang baik serta perbanyak wawasan tentang teknologi dan industri yang diminati. Persiapkan juga diri mental, karena proses seleksinya bisa sangat ketat dan sulit.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi situs karir resmi Google untuk mengetahui posisi atau lowongan yang tersedia. Pastikan untuk membaca dan memahami persyaratan pekerjaan secara detail sebelum mengirimkan lamaran.

Di samping itu, kamu juga bisa memperhatikan kegiatan yang diadakan oleh Google seperti seminar, workshop, atau meet up. Kegiatan-kegiatan ini dapat memberikan insight dan kesempatan untuk networking dengan karyawan Google.

Kesimpulannya, menjadi bagian dari Google bukanlah hal yang mudah. Namun bukan berarti tidak mungkin. Dalam persiapan menjadi karyawan Google, kamu harus memiliki minat dan komitmen yang tinggi untuk belajar dan berkembang. Tidak hanya itu, kamu juga harus berani tampil beda dan memiliki keunikkan yang membuat kamu terlihat spesial dari kandidat lainnya.

Persiapan Penting Sebelum Melamar Kerja di Google

Google merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yang menjadi incaran bagi banyak orang untuk bekerja di dalamnya. Namun, persaingan untuk bisa bergabung di dalam perusahaan ini cukup ketat. Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan penting sebelum melamar kerja di Google agar bisa memperbesar peluang untuk diterima. Berikut adalah beberapa persiapan penting yang perlu kamu lakukan:

1. Pelajari Tipe Pekerjaan yang Ditawarkan

Sebelum melamar kerja di Google, kamu perlu memiliki pemahaman yang cukup tentang tipe pekerjaan yang ditawarkan di dalam perusahaan ini. Google memang lebih dikenal dengan produk search engine-nya, tetapi perusahaan ini memiliki banyak divisi dan tipe pekerjaan yang berbeda-beda. Ada tipe pekerjaan seperti software engineer, product manager, analyst, hingga marketing. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu tipe pekerjaan yang sesuai dengan passionmu dan kemampuanmu. Setelah itu, kamu perlu mempelajari apa saja keahlian dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk tipe pekerjaan tersebut.

2. Tingkatkan Kompetensi dan Kualitas Diri

Google sangat memperhatikan kualitas seseorang dalam melamar pekerjaan. Oleh karena itu, sebelum melamar kerja, pastikan bahwa kamu sudah memiliki kompetensi dan kualitas diri yang cukup. Kamu perlu memiliki kualifikasi yang sesuai dengan tipe pekerjaan yang ditawarkan. Selain itu, kamu juga perlu meningkatkan skill kamu agar lebih relevan dengan pekerjaan yang kamu inginkan.

Untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas diri, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti mengembangkan kemampuan teknis dan soft skillmu. Untuk kemampuan teknis, kamu dapat mengikuti kursus atau pelatihan terkait dengan tipe pekerjaan yang kamu inginkan. Sedangkan untuk soft skill, kamu dapat melatih interpersonal skill, leadership, atau teamwork.

3. Mempersiapkan Diri Secara Mental dan Fisik

Melamar pekerjaan di Google bukanlah hal yang mudah. Persaingan yang ketat dan proses seleksi yang cukup panjang tentu akan membuatmu merasa lelah dan stres. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan diri secara mental dan fisik agar tetap stamina dan semangatmu tidak jatuh.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri secara mental dan fisik adalah dengan berolahraga secara teratur dan memiliki pola tidur yang cukup. Selain itu, pastikan juga bahwa kamu memiliki dukungan dari keluarga atau teman-teman yang bisa menjadi motivatormu.

4. Persiapkan Dokumen-Dokumen Pendukung yang Dibutuhkan

Setelah melakukan persiapan untuk diri sendiri, kamu perlu mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan dalam melamar pekerjaan di Google. Beberapa dokumen yang biasanya dibutuhkan yaitu CV dan portofolio. Pastikan bahwa CV dan portofoliomu sudah sesuai dengan yang dibutuhkan untuk tipe pekerjaan yang kamu inginkan.

Selain itu, pastikan juga bahwa kamu sudah mengetahui seluk beluk dari proses seleksi di Google. Ada beberapa tahapan seleksi yang biasanya dilakukan oleh perusahaan ini seperti tes wawasan kebangsaan, tes psikologi, hingga tes teknis.

Dengan melakukan persiapan penting sebelum melamar pekerjaan di Google, kamu akan memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima di perusahaan ini. Pastikan untuk memperbarui informasi terkait dengan tipe pekerjaan yang kamu inginkan dan persiapkan diri secara mental dan fisik. Selain itu, pastikan juga kamu memiliki dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan. Dengan persiapan yang matang, siapa tahu kamu bisa menjadi bagian dari tim Google yang sukses di masa depan.

Cara Melamar Kerja di Google melalui Situs Resmi

Situs resmi Google menyediakan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia. Pada halaman utama situs resmi Google, terdapat menu karir yang memudahkan para pencari kerja untuk mencari informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat mereka.

Langkah pertama dalam cara melamar kerja di Google melalui situs resmi adalah mengeksplorasi menu karir pada halaman utama. Setelah itu, halaman akan dialihkan ke laman karir, yang terdapat informasi tentang kisah inspiratif para karyawan Google, proses rekruitmen, serta lowongan kerja yang tersedia.

Untuk memulai proses melamar kerja di Google, langkah selanjutnya adalah mencari lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan minat. Google menyediakan menu pencarian lowongan kerja yang memudahkan pencari kerja untuk mencari lowongan kerja yang sesuai. Pencari kerja dapat mencari lowongan pekerjaan berdasarkan kata kunci, kategori, dan lokasi yang diinginkan.

Setelah menemukan lowongan kerja yang sesuai, langkah selanjutnya adalah melamar pekerjaan melalui situs resmi Google. Pencari kerja dapat mengklik tombol “Apply” pada halaman lowongan pekerjaan tersebut. Setelah itu, pencari kerja akan diminta untuk membuka akun Google atau masuk ke akun Google yang telah dimilikinya.

Proses melamar pekerjaan selanjutnya adalah mengunggah CV dan surat pengantar. Google meminta surat pengantar yang menceritakan mengapa pencari kerja tertarik dan cocok untuk posisi yang dilamar di Google. Pencari kerja juga diharapkan membuat resumé yang menjelaskan pengalaman kerja, kualifikasi, dan pendidikan. Google menyediakan saran bagi pencari kerja dalam membuat surat pengantar dan resumé yang menarik untuk posisi kerja yang mereka lamar.

Setelah melengkapi formulir melamar pekerjaan, Google akan melakukan seleksi administratif untuk menentukan apakah pencari kerja memenuhi persyaratan posisi kerja yang dilamar. Jika lolos seleksi administratif, pencari kerja akan diundang untuk mengikuti serangkaian tes dan wawancara. Tes dan wawancara dilakukan untuk menentukan kemampuan dan kualitas pelamar sebagai calon karyawan Google.

Dalam proses seleksi, Google sangat memerhatikan kecocokan pelamar dengan budaya kerja dan nilai-nilai Google sebagai perusahaan teknologi. Hasil tes dan wawancara akan dinilai oleh tim perekrutan di Google dan membantu menentukan apakah pelamar cocok untuk posisi tersebut.

Kesimpulannya, cara melamar kerja di Google melalui situs resmi sangat praktis dan mudah diikuti. Pencari kerja hanya perlu mencari lowongan kerja yang sesuai kemudian melamar pekerjaan dengan mengisi formulir yang telah disediakan di dalam situs resmi Google. Pencari kerja juga harus memperhatikan saran dan petunjuk yang diberikan oleh Google dalam membuat surat pengantar dan resumé untuk meningkatkan kesempatan lolos seleksi.

Mengenal Tahapan Seleksi Masuk Google

Google adalah perusahaan teknologi yang terbesar di dunia. Sehingga menjadi idaman banyak orang untuk bekerja di perusahaan ini. Namun, tantangan yang harus dihadapi untuk bergabung menjadi karyawan di perusahaan ini sangatlah tinggi. Berikut adalah tahapan seleksi masuk Google yang perlu diketahui:

1. Pengajuan Lamaran

Langkah pertama untuk bisa bergabung dengan Google adalah dengan mengajukan lamaran melalui situs careers.google.com. Pada tahap ini, calon karyawan diharapkan mengisi beberapa pertanyaan pengenalan diri dan meng-upload CV.

Setelah mengajukan lamaran, tahap selanjutnya biasanya adalah tes Tahap Pertama melalui Program Online Challenge yang menjawab soal teknis. Tes ini akan mengevaluasi kemampuan kerja calon karyawan pada tingkat dasar.

2. Wawancara Telepon

Jika tes program online challenge telah berhasil dilewati, langkah selanjutnya adalah wawancara telepon, yang di dalamnya ditanyakan berbagai hal yang terkait dengan pengetahuan teknis dan pengalaman kerja calon karyawan. Wawancara ini biasanya dilakukan oleh seorang HR (human resource).

3. Wawancara Onsite

Langkah selanjutnya adalah wawancara onsite di kantor Google. Biasanya, calon karyawan akan diminta untuk hadir minimal dalam empat sesi wawancara dengan berbagai rekan kerja potensial dan tim VP (Vice President).

4. Ujian Kemampuan Kerja dan Psikologi

Setelah wawancara onsite selesai, calon karyawan akan diminta untuk mengikuti tes kemampuan kerja yang disiapkan oleh Google. Tes ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan kerja calon karyawan secara lebih spesifik, serta mengetahui apakah dia dapat mengikuti standard kerja yang diminta oleh perusahaan.

Tes psikologi juga biasanya dilakukan di tahap ini untuk mengevaluasi kepribadian dan kematangan emosional calon karyawan. Tes psikologi ini akan membantu Google untuk memilih orang yang tepat untuk bergabung dengan timnya.

5. Tawaran Kerja

Setelah calon karyawan melewati tahapan uji kemampuan dan psikologi, maka akan dilakukan tahap terakhir yaitu pemberian tawaran kerja. Jika calon karyawan diterima, Google akan memberikan keterangan tentang gaji, tunjangan, asuransi, dan semua pengaturan lainnya sebelum menandatangani kontrak kerja.

Karena persaingan yang sangat ketat, maka menjadi karyawan di Google memang tidak mudah. Namun, jika kalian memiliki kemampuan dan wawasan yang baik, serta orang yang pantang menyerah, maka kesempatan bisa saja ada. Semoga informasi tahapan seleksi masuk Google ini bisa bermanfaat bagi kita, terutama bagi mereka yang ingin bergabung dengan Google.

Tips Ampuh untuk Sukses Melamar Kerja di Google

Google selalu menjadi tempat yang diidamkan oleh banyak orang untuk bekerja, bukan hanya karena brand yang sangat terkenal, tetapi juga karena perusahaannya yang sangat inovatif dan memberikan berbagai macam fasilitas yang luar biasa bagi para karyawan yang bekerja di sana. Mungkin Anda juga tertarik untuk bergabung di Google dan ingin tahu bagaimana cara yang tepat untuk melamar pekerjaan di sana. Berikut ini adalah beberapa tips ampuh yang bisa membantu Anda untuk sukses melamar kerja di perusahaan teknologi terbesar di dunia ini.

1. Lakukan Riset tentang Google

Sebelum Anda melamar pekerjaan di Google, pastikan untuk melakukan penelitian terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut. Ketahui misi, visi, dan nilai-nilai perusahaan tersebut, serta sebanyak mungkin informasi yang relevan tentang Google. Ini penting karena Anda harus tahu apakah Anda benar-benar cocok dengan budaya kerjanya atau tidak, dan apakah pekerjaan yang ingin Anda lamar sesuai dengan keahlian dan minat Anda.

2. Buat Resume yang Menarik

Resume adalah pintu masuk Anda untuk melamar pekerjaan di Google. Penting untuk membuat resume yang jelas, singkat, dan lengkap. Pastikan untuk menonjolkan keahlian, kemampuan, dan pengalaman Anda yang relevan dengan pekerjaan yang ingin Anda lamar. Salah satu tip untuk membuat resume yang menarik adalah dengan menggunakan bullet point dan mendeskripsikan tugas dan pencapaian yang sudah pernah Anda lakukan.

3. Tunjukkan Keunikan Anda

Google selalu mencari karyawan yang memiliki keunikan yang berbeda dengan yang lain. Cobalah untuk menonjolkan keunikan dan keahlian khusus Anda dalam resume atau surat lamaran. Jika Anda memiliki hobi atau minat yang tidak biasa, dan relevan dengan bisnis Google, jangan ragu untuk menuliskannya di curriculum vitae Anda atau membaginya di media sosial Anda. Hal ini dapat membantu Anda menonjol dari yang lain dan menarik minat para perekrut Google.

4. Bersiap untuk Wawancara

Wawancara adalah tahap penting dalam proses recruiting Google. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik, baik secara teknis maupun dalam hal kepribadian Anda. Cari tahu tentang pertanyaan yang masuk akal yang biasanya ditanyakan selama wawancara dengan Google. Jadi, ketika datang saatnya, Anda sudah siap dan mampu memberikan jawaban yang baik dan sesuai.

5. Miliki Keterampilan Teknis yang Kuat

Seperti yang kita ketahui, Google adalah perusahaan teknologi yang sangat inovatif. Oleh karena itu, jika Anda ingin melamar pekerjaan di Google, Anda harus memiliki keahlian teknis yang memadai. Pemahaman yang baik tentang bahasa pemrograman seperti Java, Python, dan C ++ akan sangat membantu kandidat dalam memperoleh pekerjaan teknis di Google. Selain itu, kemampuan matematika, pemecahan masalah, dan kemampuan beradaptasi yang cepat juga sangat diperlukan.

Dua hal yang penting yang harus diingat dalam upaya Anda untuk melamar pekerjaan di Google adalah kesabaran dan konsistensi. Proses mencari pekerjaan di Google mungkin lebih lama dan lebih sulit dibandingkan dengan perusahaan lain. Dan jangan berkecil hati jika awalnya Anda tidak berhasil, terus lanjutkan berupaya meningkatkan keahlian dan pengalaman Anda, hingga sukses menjadi bagian dari tim Google.