DI BALIK BENING MATA AIR CHORD

Chord “Di Balik Bening Mata Air” telah menjadi salah satu lagu yang sangat populer di kalangan pecinta musik Indonesia. Lagu ini dipopulerkan oleh penyanyi ternama, dengan lirik yang sarat makna dan nuansa yang mendalam. Sebelum kita membahas chord dari lagu ini, ada baiknya kita memahami lebih lanjut tentang latar belakang dan pesan yang ingin disampaikan melalui lagu ini.

Lagu “Di Balik Bening Mata Air” diciptakan oleh seorang komposer yang terkenal dengan karya-karyanya yang penuh emosi dan mengena di hati pendengarnya. Terinspirasi dari pengalaman hidupnya sendiri, ia menciptakan lagu ini sebagai bentuk pengungkapan perasaan dan pesan yang ingin disampaikan kepada pendengar. Melalui lirik-liriknya yang dalam, lagu ini menggambarkan perjalanan hidup seseorang yang penuh liku-liku dan tantangan. Pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa di balik kedamaian yang terlihat, terdapat perjuangan dan pengorbanan yang harus dihadapi.

Sekarang, mari kita melihat chord dan tabulasi lengkap dari lagu “Di Balik Bening Mata Air”. Dengan memahami chord ini, kita dapat memainkan lagu ini dengan tepat dan menghayati setiap nuansa yang terkandung di dalamnya.

Intro

Bagian intro dari lagu “Di Balik Bening Mata Air” memiliki nuansa yang lembut dan membangun suasana lagu. Pada bagian ini, kita menggunakan akord G dan Em dengan pola penggeseran jari yang sederhana. Akord G dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar ketiga fret ketiga, jari tengah pada senar kelima fret lima, dan jari manis pada senar keenam fret tiga. Akord Em dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar keempat fret kedua, jari tengah pada senar kelima fret kedua, dan jari manis pada senar keenam fret ketiga. Pola penggeseran jari yang sederhana ini memungkinkan kita untuk dengan mudah memainkan bagian intro ini.

Verse 1

Pada verse 1, lagu “Di Balik Bening Mata Air” menggunakan beberapa akord dasar, yaitu C, G, Em, dan Dm. Pola penggeseran jari pada akord-akord ini cukup mudah diikuti. Akord C dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar kedua fret pertama, jari tengah pada senar keempat fret kedua, dan jari manis pada senar kelima fret ketiga. Akord G dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar kelima fret kedua, jari tengah pada senar keenam fret ketiga, dan jari manis pada senar pertama fret ketiga. Akord Em dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar keempat fret kedua, jari tengah pada senar kelima fret ketiga, dan jari manis pada senar keempat fret ketiga. Akord Dm dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar keempat fret pertama, jari tengah pada senar ketiga fret kedua, dan jari manis pada senar kedua fret ketiga. Dengan mengikuti pola penggeseran jari ini, kita dapat memainkan verse 1 dengan baik dan menghasilkan alunan yang indah.

Pre-Chorus

Bagian pre-chorus pada lagu “Di Balik Bening Mata Air” memberikan perubahan nada yang membangun ketegangan sebelum masuk ke chorus. Pada bagian ini, kita menggunakan akord F, G, Am, dan Em. Akord F dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar kedua fret pertama, jari tengah pada senar ketiga fret kedua, dan jari manis pada senar keempat fret ketiga. Akord G dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar kelima fret kedua, jari tengah pada senar keenam fret ketiga, dan jari manis pada senar pertama fret ketiga. Akord Am dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar kedua fret pertama, jari tengah pada senar keempat fret kedua, dan jari manis pada senar ketiga fret kedua. Akord Em dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar keempat fret kedua, jari tengah pada senar kelima fret ketiga, dan jari manis pada senar keempat fret ketiga. Dengan memainkan akord-akord ini dengan tepat, kita dapat menciptakan perubahan suasana yang tepat pada bagian pre-chorus.

Chorus

Chorus adalah bagian yang paling diingat dalam sebuah lagu. Pada lagu “Di Balik Bening Mata Air”, chorus memiliki akord yang sederhana namun memberikan kesan yang mendalam. Akord-akord yang digunakan pada chorus ini adalah C, G, F, dan Am. Akord C dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar kedua fret pertama, jari tengah pada senar keempat fret kedua, dan jari manis pada senar kelima fret ketiga. Akord G dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar kelima fret kedua, jari tengah pada senar keenam fret ketiga, dan jari manis pada senar pertama fret ketiga. Akord F dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar kedua fret pertama, jari tengah pada senar ketiga fret kedua, dan jari manis pada senar keempat fret ketiga. Akord Am dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar kedua fret pertama, jari tengah pada senar keempat fret kedua, dan jari manis pada senar ketiga fret kedua. Dengan memainkan akord-akord ini dengan tepat, kita dapat menciptakan alunan yang indah pada bagian chorus ini.

Verse 2

Verse 2 pada lagu “Di Balik Bening Mata Air” memiliki struktur dan akord yang sama dengan verse 1. Namun, pada verse 2 ini, kita dapat memberikan variasi dalam penjiwaan dan interpretasi lagu. Dengan memperhatikan lirik dan nuansa lagu, kita dapat menciptakan penghayatan yang berbeda pada verse 2 ini. Pola penggeseran jari yang sama seperti pada verse 1 dapat diikuti untuk memainkan akord-akord C, G, Em, dan Dm yang digunakan pada verse 2 ini. Dengan memberikan variasi dalam penjiwaan dan interpretasi, kita dapat memberikan keunikan pada verse 2 ini dan membuatnya menjadi bagian yang berbeda namun tetap terhubung secara harmonis dengan bagian lain dari lagu.

Bridge

Bagian bridge pada lagu “Di Balik Bening Mata Air” memberikan perubahan suasana yang menarik sebelum masuk ke bagian terakhir lagu. Pada bagian ini, kita menggunakan akord F, G, Am, dan Em. Akord F dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar kedua fret pertama, jari tengah pada senar ketiga fret kedua, dan jari manis pada senar keempat fret ketiga. Akord G dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar kelima fret kedua, jari tengah pada senar keenam fret ketiga, dan jari manis pada senar pertama fret ketiga. Akord Am dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar kedua fret pertama, jari tengah pada senar keempat fret kedua, dan jari manis pada senar ketiga fret kedua. Akord Em dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar keempat fret kedua, jari tengah pada senar kelima fret ketiga, dan jari manis pada senar keempat fret ketiga. Dengan memainkan akord-akord ini dengan tepat dan memperhatikan perubahan suasana yang dihasilkan, kita dapat menciptakan peralihan yang halus dan menarik pada bagian bridge ini. Melalui perubahan akord dan dinamika yang tepat, kita dapat memberikan kekuatan emosional yang lebih dalam pada bagian ini dan mempersiapkan pendengar untuk masuk ke bagian terakhir lagu.

Chorus (Refrain)

Bagian chorus (refrain) pada lagu “Di Balik Bening Mata Air” memiliki struktur dan akord yang sama dengan chorus sebelumnya. Namun, bagian ini memberikan kesan penegasan dan penutup yang kuat dalam lagu. Dengan memainkan akord-akord C, G, F, dan Am dengan penuh semangat dan emosi, kita dapat menciptakan kesan yang mengguncang dan memukau pada bagian chorus ini. Penting untuk mengatur dinamika dan penjiwaan dengan baik, sehingga pesan yang ingin disampaikan melalui lirik-liriknya dapat benar-benar tersampaikan kepada pendengar.

Outro

Bagian outro pada lagu “Di Balik Bening Mata Air” memberikan kesan penyelesaian dan penutup yang indah. Pada bagian ini, kita kembali menggunakan akord G dan Em dengan pola penggeseran jari yang sama seperti pada bagian intro. Akord G dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar ketiga fret ketiga, jari tengah pada senar kelima fret lima, dan jari manis pada senar keenam fret tiga. Akord Em dimainkan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar keempat fret kedua, jari tengah pada senar kelima fret kedua, dan jari manis pada senar keenam fret tiga. Dengan memainkan akord-akord ini dengan lembut dan penuh perasaan, kita dapat menciptakan kesan penutup yang harmonis dan menyentuh hati pendengar.

Chord Progression

Secara keseluruhan, chord progression dari lagu “Di Balik Bening Mata Air” adalah G – Em – C – G – Em – Dm – F – G – Am. Pola ini memberikan alur yang mengalir dan mengarahkan pendengar dari awal hingga akhir lagu. Dengan memahami dan menguasai chord progression ini, kita dapat memainkan lagu ini dengan lancar dan menikmati setiap nuansa yang terkandung di dalamnya. Penting untuk memperhatikan perubahan akord dengan tepat dan mengatur dinamika serta penjiwaan sesuai dengan lirik dan pesan yang ingin disampaikan melalui lagu ini.

Kesimpulan

Lagu “Di Balik Bening Mata Air” merupakan sebuah karya musik yang memiliki pesan mendalam dan chord yang indah. Melalui chord-chord sederhana ini, lagu ini mampu mengambil hati pendengarnya dan memberikan inspirasi dalam menjalani kehidupan. Dengan memahami chord dan struktur lagu ini, kita dapat lebih menghayati dan menikmati lagu ini dengan baik. Penting untuk memainkan chord dengan tepat dan memperhatikan nuansa serta penjiwaan pada setiap bagian lagu. Selamat bermain dan menikmati lagu “Di Balik Bening Mata Air” dengan chord yang tepat!

Semoga penjelasan lengkap tentang chord “Di Balik Bening Mata Air” ini bermanfaat bagi para pecinta musik dan penggemar lagu ini. Dengan memahami dan menguasai chord ini, kita dapat menciptakan alunan yang indah dan menghayati setiap nuansa yang terkandung dalam lagu ini. Selamat bermain dan menikmati lagu “Di Balik Bening Mata Air” dengan penuh semangat dan perasaan!

Artikel ini telah memberikan penjelasan lengkap tentang chord “Di Balik Bening Mata Air” beserta penjelasan dan tabulasi untuk setiap akordnya. Melalui penjelasan yang teliti dan detail ini, diharapkan para pecinta musik dan pemain gitar dapat memahami dan memainkan lagu ini dengan lebih baik. Lagu “Di Balik Bening Mata Air” adalah karya musik yang penuh makna dan emosi, dan dengan chord yang tepat, kita dapat menyampaikan pesan liriknya dengan kuat dan indah.

Terakhir, perlu diingat bahwa penguasaan terhadap chord hanyalah langkah awal dalam menghayati sebuah lagu. Untuk benar-benar merasakan dan menyampaikan pesan yang ingin disampaikan melalui lagu ini, kita perlu menggabungkan teknik bermain gitar dengan perasaan dan interpretasi pribadi. Selamat bermain dan menikmati lagu “Di Balik Bening Mata Air” dengan penuh semangat dan keindahan!

Related video of Di Balik Bening Mata Air Chord: Penjelasan Lengkap dan Terperinci