stnk artinya

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) adalah dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan bermotor di Indonesia. STNK ini berfungsi sebagai bukti sah kepemilikan kendaraan dan memberikan informasi tentang identitas kendaraan tersebut. Namun, tidak semua orang memahami arti dari STNK dan apa yang sebenarnya tercetak di dalamnya. Artikel ini akan membahas secara detail mengenai “STNK artinya” dan memberikan penjelasan komprehensif mengenai berbagai informasi yang terdapat dalam STNK.

Pertama-tama, mari kita bahas apa arti dari singkatan STNK itu sendiri. STNK merupakan kependekan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan. Surat ini diterbitkan oleh Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) dan berfungsi sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Setiap STNK memiliki nomor unik yang terdaftar di Dinas Perhubungan setempat dan harus diperbarui setiap tahunnya.

Informasi Pemilik Kendaraan

Sekarang, mari kita lihat informasi apa saja yang terdapat dalam STNK. Pada bagian depan STNK, Anda akan menemukan informasi mengenai pemilik kendaraan. Informasi ini meliputi nama lengkap pemilik, alamat, dan nomor identitas seperti nomor KTP atau SIM. Informasi ini sangat penting untuk mengidentifikasi pemilik kendaraan dan mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas kendaraan tersebut.

Nama Lengkap Pemilik

Informasi mengenai nama lengkap pemilik kendaraan tercetak dengan jelas di STNK. Nama lengkap tersebut digunakan untuk mengidentifikasi pemilik kendaraan dengan jelas dan memastikan bahwa kendaraan tersebut memiliki pemilik yang sah.

Alamat Pemilik

Alamat pemilik kendaraan juga tercantum di STNK. Alamat ini digunakan untuk menghubungi pemilik kendaraan jika diperlukan, misalnya dalam kasus kehilangan kendaraan atau untuk pemberitahuan resmi dari pihak berwenang.

Nomor Identitas

STNK juga mencantumkan nomor identitas pemilik kendaraan seperti nomor KTP atau SIM. Informasi ini penting untuk verifikasi identitas pemilik kendaraan dan memastikan bahwa pemilik kendaraan yang tercantum di STNK adalah orang yang sah.

Informasi Kendaraan

Pada bagian selanjutnya, STNK juga memberikan informasi detail mengenai kendaraan itu sendiri. Informasi ini meliputi merk dan tipe kendaraan, nomor rangka, nomor mesin, tahun pembuatan, warna kendaraan, dan jumlah roda. Informasi ini berguna untuk mengidentifikasi kendaraan secara spesifik dan membedakannya dengan kendaraan lain yang serupa.

Merk dan Tipe Kendaraan

STNK mencantumkan merk dan tipe kendaraan dengan jelas. Informasi ini membantu dalam mengidentifikasi jenis dan karakteristik kendaraan tertentu. Misalnya, apakah kendaraan tersebut adalah mobil, motor, truk, atau sepeda.

Nomor Rangka dan Nomor Mesin

STNK juga mencantumkan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan. Informasi ini unik untuk setiap kendaraan dan digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan secara spesifik. Nomor rangka dan nomor mesin juga penting dalam proses administrasi seperti perpanjangan STNK atau saat melaporkan kehilangan kendaraan.

Tahun Pembuatan

Informasi mengenai tahun pembuatan kendaraan juga terdapat di STNK. Tahun pembuatan ini menunjukkan usia kendaraan dan dapat menjadi faktor penting dalam penilaian nilai jual kendaraan tersebut.

Warna Kendaraan

STNK mencantumkan warna kendaraan dengan jelas. Informasi ini berguna dalam mengidentifikasi kendaraan secara visual dan memastikan bahwa warna kendaraan sesuai dengan informasi yang tercantum di STNK.

Jumlah Roda

Informasi mengenai jumlah roda kendaraan juga terdapat di STNK. Jumlah roda ini dapat bervariasi tergantung pada jenis kendaraan, misalnya mobil biasanya memiliki empat roda, motor memiliki dua roda, sedangkan truk memiliki lebih dari empat roda.

Informasi Keuangan

STNK juga mencantumkan informasi mengenai status keuangan kendaraan. Informasi ini termasuk apakah kendaraan tersebut sudah lunas atau masih dalam masa pembiayaan. Jika kendaraan masih dalam masa pembiayaan, maka ada catatan mengenai lembaga keuangan yang memberikan pembiayaan tersebut. Informasi ini penting dalam proses jual beli kendaraan agar kedua belah pihak mengetahui status keuangan kendaraan yang akan diperjualbelikan.

Status Pembayaran

STNK mencantumkan status pembayaran kendaraan, apakah sudah lunas atau masih dalam masa pembiayaan. Informasi ini penting untuk mengetahui apakah kendaraan tersebut masih memiliki tanggungan keuangan atau sudah bebas dari kewajiban pembayaran.

Informasi Lembaga Keuangan

Jika kendaraan masih dalam masa pembiayaan, STNK akan mencantumkan informasi mengenai lembaga keuangan yang memberikan pembiayaan tersebut. Informasi ini berguna jika pemilik kendaraan ingin melakukan perubahan pembiayaan atau menyelesaikan pembayaran kendaraan lebih awal.

Informasi Pajak Kendaraan

STNK juga mencantumkan informasi mengenai pajak kendaraan. Informasi ini meliputi tanggal jatuh tempo pajak kendaraan dan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Pajak kendaraan harus dibayarkan secara rutin agar kendaraan tetap berstatus legal dan tidak terkena sanksi dari pihak berwenang.

Tanggal Jatuh Tempo Pajak

STNK mencantumkan tanggal jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan. Informasi ini penting agar pemilik kendaraan dapat membayar pajak tepat waktu dan menghindari sanksi atau denda yang mungkin diberikan jika terlambat membayar pajak.

Jumlah Pajak yang Harus Dibayarkan

Informasi mengenai jumlah pajak yang harus dibayarkan juga terdapat di STNK. Jumlah pajak ini dapat bervariasi tergantung pada jenis kendaraan dan tahun pembuatan. Pemilik kendaraan harus membayar pajak kendaraan sesuai dengan jumlah yang tertera di STNK.

Informasi Registrasi Kendaraan

Informasi lain yang terdapat dalam STNK adalah nomor registrasi kendaraan. Nomor registrasi ini unik untuk setiap kendaraan dan digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan secara resmi. Nomor registrasi ini juga diperlukan dalam proses administrasi seperti perpanjangan STNK atau klaim asuransi.

Registrasi Kendaraan

STNK mencantumkan nomor registrasi kendaraan yang unik. Informasi ini berguna dalam mengidentifikasi kendaraan secara resmi dan memastikan bahwa kendaraan tersebut terdaftar secara legal di Dinas Perhubungan setempat.

Informasi Teknis Kendaraan

Pada bagian selanjutnya, STNK memberikan informasi teknis mengenai kendaraan. Informasi ini meliputi berat kendaraan, kapasitas mesin, dan kapasitas tangki bahan bakar. Informasi teknis ini penting untuk mengetahui batasan-batasan kendaraan dan memastikan kendaraan tersebut sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Berat Kendaraan

STNK mencantumkan berat kendaraan dengan jelas. Informasi iniberguna untuk mengetahui berapa berat kendaraan tersebut dan memastikan kendaraan tersebut sesuai dengan batas berat yang ditetapkan oleh aturan lalu lintas.

Kapasitas Mesin

Informasi mengenai kapasitas mesin kendaraan juga terdapat di STNK. Kapasitas mesin ini mengacu pada volume ruang pembakaran dalam mesin kendaraan dan dapat mempengaruhi performa dan daya kendaraan tersebut.

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

STNK mencantumkan kapasitas tangki bahan bakar kendaraan. Informasi ini berguna untuk mengetahui berapa jumlah bahan bakar yang dapat ditampung oleh kendaraan dan memperkirakan jarak tempuh yang dapat ditempuh dengan sekali pengisian bahan bakar.

Informasi Keamanan Kendaraan

STNK juga mencantumkan informasi mengenai sistem keamanan kendaraan. Informasi ini meliputi apakah kendaraan dilengkapi dengan sistem keamanan seperti alarm, kunci immobilizer, atau sistem keamanan lainnya. Informasi ini berguna untuk mengetahui tingkat keamanan kendaraan dan dapat membantu pemilik kendaraan dalam mengambil langkah-langkah perlindungan tambahan.

Sistem Keamanan

STNK mencantumkan informasi mengenai sistem keamanan yang ada pada kendaraan. Informasi ini memberikan pemahaman kepada pemilik kendaraan tentang fitur keamanan yang ada pada kendaraan dan membantu dalam menentukan tingkat keamanan kendaraan tersebut.

Informasi Kendaraan Bermotor Lainnya

STNK juga memberikan informasi mengenai kendaraan bermotor lainnya yang dapat ditambahkan sesuai kebutuhan. Informasi ini meliputi tambahan aksesoris, modifikasi, atau informasi khusus lainnya yang terkait dengan kendaraan. Informasi ini berguna untuk memberikan informasi tambahan kepada pihak berwenang atau calon pembeli mengenai fitur-fitur tambahan yang dimiliki oleh kendaraan.

Tambahan Aksesoris

STNK dapat mencantumkan informasi mengenai tambahan aksesoris yang dipasang pada kendaraan. Informasi ini memberikan informasi tambahan tentang fitur-fitur tambahan yang dimiliki oleh kendaraan tersebut.

Modifikasi

Informasi mengenai modifikasi yang dilakukan pada kendaraan juga dapat tercantum di STNK. Modifikasi ini dapat meliputi perubahan pada bagian eksterior, interior, atau mesin kendaraan. Informasi ini penting untuk memastikan bahwa modifikasi yang dilakukan sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku.

Informasi Administrasi

Pada bagian terakhir STNK, terdapat informasi administrasi yang mencakup tanggal penerbitan STNK, tanggal berakhirnya masa berlaku, dan tanda tangan petugas kepolisian yang menerbitkan STNK. Informasi ini penting untuk memastikan bahwa STNK tersebut sah dan diterbitkan oleh pihak yang berwenang.

Tanggal Penerbitan STNK

STNK mencantumkan tanggal penerbitan STNK, yaitu tanggal di mana dokumen tersebut dikeluarkan oleh pihak kepolisian. Informasi ini memberikan petunjuk mengenai masa berlaku STNK dan kapan STNK tersebut perlu diperbarui.

Tanggal Berakhirnya Masa Berlaku

Informasi mengenai tanggal berakhirnya masa berlaku STNK juga terdapat di STNK. Tanggal ini menunjukkan sampai kapan STNK tersebut masih berlaku dan harus diperbarui untuk memastikan kendaraan tetap berstatus legal.

Tanda Tangan Petugas Kepolisian

STNK juga mencantumkan tanda tangan petugas kepolisian yang menerbitkan STNK. Tanda tangan ini menunjukkan bahwa STNK tersebut diterbitkan oleh pihak yang berwenang dan sah.

Secara keseluruhan, STNK adalah dokumen yang sangat penting bagi setiap pemilik kendaraan bermotor di Indonesia. STNK bukan hanya sebagai bukti kepemilikan kendaraan, tetapi juga memberikan informasi yang diperlukan untuk menjaga keamanan dan legalitas kendaraan. Penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk memahami arti dari STNK dan melengkapi semua informasi yang diperlukan dalam STNK agar kendaraan dapat beroperasi secara legal dan aman di jalan.

Jadi, itulah penjelasan komprehensif mengenai “STNK artinya”. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memahami pentingnya STNK dan informasi yang terdapat di dalamnya. Jaga STNK Anda dengan baik dan pastikan untuk memperbarui STNK secara rutin agar kendaraan Anda tetap legal dan terhindar dari masalah hukum.